Highlights

26 July 2021

Pengelolaan dan Pengolahan Limbah Tambang

Tidak bisa dipungkiri bahwa Indonesia menjadi salah satu penghasil tambang terbesar di dunia hal tersebut terjadi karena wilayah di Indonesia kaya akan potensi sumber daya alam. Dengan cadangan sumber daya alam yang berlimpah, sektor pertambangan turut berkontribusi dalam menyumbang pendapatan negara bukan pajak (PNBP). Pelaksanaan aktifitas kegiatan pertambangan harus sejalan dengan Pengelolaan dan Pengolahan limbah tambang, peraturan lingkungan pertambangan ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 10 No. 78 Tahun 2010 tentang Reklamasi dan Pasca Tambang.

Pengertian Limbah Tambang

Limbah tambang adalah buangan atau limbah yang dihasilkan dari suatu proses produksi kegiatan atau perusahaan pertambangan. Limbah tambang masuk kedalam kategori limbah industri, Limbah industri dapat menimbulkan dampak negative apabila jumlah atau konsentrasinya telah melebihi baku mutu lingkungan, saat ini limbah industri menjadi salah satu persoalan serius terutama persoalan pengelolaan limbah. Pengelolaan dan Pengolahan limbah tambang harus ditangani dengan benar supaya tidak menimbulkan bahaya terhadap lingkungan.

Jenis dan Dampak Limbah Tambang

Pada umumnya limbah tambang terbagi menjadi 3 jenis, yaitu limbah tambang padat, limbah tambang cair dan limbah tambang gas. Limbah tambang mengandung bahan berbahaya yang akan menimbulkan masalah jika Pengelolaan dan Pengolahan limbah tambang tidak ditangani dengan benar. Beberapa bahan berbahaya ini termasuk logam berat, metaloid, limbah radioaktif, air asam, dan bahan kimia proses.

Limbah tambang cair merupakan limbah cair yang dihasilkan dari proses penambangan, penimbunan di stockpile, hingga proses pencucian material pertambangan yang mengandung logam berat atau zat material tambang. Contoh limbah tambang cair diantaranya adalah Total Dissolved Solid (TDS) atau logam terlarut, Total Suspended Solid (TSS), dan limbah air asam tambang.

Total Dissolved Solid (TDS) merupakan istilah untuk menandakan jumlah padatan terlarut atau konsentrasi jumlah ion kation (bermuatan positif) dan anion (bermuatan negatif) di dalam air. Total Dissolved Solid (TDS) atau logam terlarut menyebabkan perubahan salinitas, perubahan komposisi ion-ion, dan toksisitas masing-masing ion. Perubahan salinitas dapat menganggu keseimbangan biota air, biodiversitas, menimbulkan spesies yang kurang toleran, dan menyebabkan toksisitas yang tinggi pada tahapan hidup suatu organisme.

Total Suspended Solid (TSS) adalah materi atau bahan tersuspensi yang menyebabkan kekeruhan air terdiri dari lumpur, pasir halus serta jasad-jasad renik yang terutama disebabkan oleh kikisan tanah atau erosi yang terbawa badan air. Total Suspended Solid (TSS) merupakan salah satu faktor menurunnya kualitas perairan sehingga menyebabkan perubahan secara fisika, kimia dan biologi.

Limbah air asam tambang terbentuk oleh terkikisnya batuan mineral (sulfida) dengan adanya proses oksidasi yang mengakibatkan penurunan pH yang mampu dengan mudah melarutkan logam-logam berat. Kadar pH air asam tambang ini biasanya adalah <6, Dampak air asam tambang diantaranya adalah Jika terpapar ke aliran sungai atau sumber air di sekitar area pertambangan akan mengakibatkan ekosistem di area tersebut rusak, Mengganggu Kesehatan, serta menurunkan kualitas air.

Pengolahan Limbah Tambang Cair

Pengelolaan dan Pengolahan limbah tambang berada di bawah pengawasan dan di pantau oleh pemerintah agar tidak menimbulkan kerusakan lingkungan. Limbah cair tambang yang berbahaya adalah limbah yang tidak melalui proses pengolahan air limbah terlebih dahulu dan langsung dibuang melalui saluran pembuangan. Solusi untuk menangani limbah cair tambang yang berbahaya adalah dengan cara membuat water treatment plant yang berfungsi untuk menghilangkan zat berbahaya di dalam limbah cair, menyesuaikan dengan standar baku mutu dan memisahkannya dari kontaminan sebelum akhirnya dibuang.

Pengolahan limbah cair tambang diantaranya :

  • Penggunaan pH Adjuster dapat digunakan untuk menaikan kadar pH air asam tambang hingga tercapainya baku mutu pada rentang 6 – 9
  • Total Suspended Solid (TSS) menyebabkan kekeruhan pada air, tidak terlarut dan tidak mengendap. Penanganan untuk masalah TSS ini adalah dengan menggunakan koagulan dan flokulan atau produk water clarifier

Jika anda tertarik untuk informasi lebih lanjut mengenai Water Treatment Chemicals atau pengolahan limbah tambang cair, PT Green Chemicals Indonesia siap membantu memberikan layanan dan solusi terbaik dalam memecahkan masalah dengan menyediakan produk berkualitas tinggi, hubungi kami melalui Whatsapp atau email ke sales.support@greenchem.co.id.


Latest News

Highlights 23 July 2024

Solusi Kimia Untuk Industri Pertambangan

Greenchem berdedikasi untuk mendukung industri pertambangan dengan menyediakan bahan kimia berkualitas tinggi yang dirancang khusus untuk berbagai sektor, termasuk batubara, mineral, emas, dan nikel. Dengan pendekatan inovatif dan produk unggulan, kami membantu industri Anda mencapai efisiensi operasional dan keberlanjutan lingkungan.

Mengapa Memilih Greenchem?

1. Produk Berkualitas Tinggi

Kami selalu memprioritaskan kualitas dalam setiap langkah produksi. Setiap produk Greenchem melalui proses kontrol kualitas yang ketat, memastikan hasil akhir yang memenuhi dan bahkan melampaui standar industri. Dengan Greenchem, Anda mendapatkan jaminan kualitas yang dapat diandalkan untuk kebutuhan kimia pertambangan.

2. Inovasi yang Berkelanjutan

Di Greenchem, kami percaya bahwa inovasi adalah kunci untuk kemajuan. Kami terus berinovasi untuk menciptakan solusi kimia yang lebih efisien dan efektif. Kami memahami bahwa industri pertambangan selalu berkembang, dan kami berkomitmen untuk tetap berada di garis depan inovasi, memastikan produk kami selalu relevan dan terdepan dalam teknologi.

3. Ramah Lingkungan

Kami bangga menghasilkan produk kimia pertambangan yang aman bagi lingkungan. Setiap formula yang kami kembangkan dirancang untuk meminimalkan dampak lingkungan, memungkinkan Anda untuk bekerja dengan bahan kimia yang tidak hanya berkinerja tinggi tetapi juga mendukung kelestarian alam. Dengan Greenchem, Anda berkontribusi pada lingkungan yang lebih bersih dan lebih hijau.

4. Layanan Pelanggan yang Luar Biasa

Layanan pelanggan kami dirancang untuk memberikan dukungan penuh mulai dari konsultasi awal hingga solusi teknis. Tim ahli kami siap membantu Anda dengan semua kebutuhan kimia pertambangan, memastikan Anda mendapatkan layanan yang efisien, responsif, dan personal.

Produk Unggulan Greenchem untuk Industri Pertambangan

Greendust SAB adalah campuran polimer dan surfaktan yang dirancang khusus untuk mengatasi masalah debu batubara. Produk ini tidak hanya mengendalikan debu secara efektif tetapi juga mengurangi risiko self-combustion pada stockpile batubara.

Greendust DPA-Series merupakan campuran polimer untuk mengatasi debu pada jalan hauling di tambang, meminimalkan risiko kecelakaan kerja, dan dampak kesehatan dari debu berlebihan. Ini juga membantu meningkatkan efisiensi biaya operasional dalam perawatan jalan tambang.

Green C-Protect adalah campuran surfaktan yang efektif memadamkan api pada stockpile batubara. Dengan menekan oksigen keluar dari tumpukan batubara, produk ini mencegah kebakaran dan memutus segitiga api, memberikan perlindungan yang cepat dan efektif.

  • Greenhydro ST: Solusi Mendaur Ulang Air Keruh Pada Washing Plant

Greenhydro ST diformulasikan khusus untuk membantu mengendapkan padatan tersuspensi dan menurunkan kekeruhan air baku yang digunakan pada proses pencucian batuan mineral tambang agar bisa digunakan kembali. Produktifitas washing plant dapat menjadi lebih maksimal karena mampu menghemat jumlah air bersih yang digunakan untuk proses pencucian batuan tersebut. 

  • Greenhydro LM: Solusi Menetralkan pH dan Logam Berat Pada Air Asam Tambang

Greenhydro LM diformulasikan khusus untuk menurunkan kadar logam berat yang terlarut pada sistem pengolahan air limbah. Sangat efektif untuk menetralkan dan mengendapkan logam berat seperti Fe, Zn, Mn, dan lain-lain pada air asam tambang.

Jika Jika anda tertarik untuk informasi mengenai produk untuk pertambangan, PT Green Chemicals Indonesia siap membantu memberikan layanan dan solusi terbaik dalam memecahkan masalah dengan menyediakan produk berkualitas tinggi. Hubungi kami melalui Whatsapp atau email ke marketing@greenchem.co.id.

 

 

Read More
Highlights 17 July 2024

Bebaskan Peralatan Industri Dari Karat Dengan Cairan Anti Karat

Cairan anti karat merupakan salah satu bahan kimia yang sering dibutuhkan di dunia industri. Karat pada peralatan industri bukan hanya masalah estetika. Karat dapat merusak fungsionalitas, mengurangi umur peralatan, dan meningkatkan biaya operasional akibat perlunya perawatan dan penggantian.

Apa itu Cairan Anti Karat?

Cairan anti karat adalah larutan khusus yang dirancang untuk melindungi logam dari korosi dan pembentukan karat. Cairan ini membentuk lapisan pelindung pada permukaan logam, mencegah interaksi antara logam dan elemen penyebab karat seperti air dan oksigen. Penggunaan cairan anti karat adalah metode pencegahan yang dapat diaplikasikan pada berbagai jenis peralatan industri seperti :

  • Otomotif : Melindungi berbagai sparepart unit dan komponen pengganti seperti bearing, baut, mur, dan gigi gear dari karat yang dapat mengurangi kinerja dan umur pakai.
  • Peralatan maintenance : menjaga kondisi optimal pada peralatan seperti tang, kunci pas, obeng, dan alat tangan lainnya yang sering digunakan dalam perawatan dan perbaikan. Cairan ini juga mencegah karat pada pisau industri, gergaji kecil, dan pemotong logam yang sering digunakan dalam proses produksi, memastikan alat-alat tersebut tetap berfungsi dengan baik

Apa Manfaat Penggunaannya?

1. Perlindungan dari Korosi. Cairan anti karat bekerja dengan membentuk lapisan pelindung pada permukaan logam. Lapisan ini mencegah air dan oksigen bersentuhan langsung dengan logam, sehingga menghambat proses korosi. Ini memastikan peralatan Anda tetap berfungsi optimal tanpa kerusakan akibat karat.

2. Memperpanjang Umur Peralatan. Peralatan yang terlindungi dari karat lebih tahan lama dan memerlukan lebih sedikit perawatan, mengurangi frekuensi dan biaya penggantian.

3. Perawatan yang Mudah. Peralatan yang telah dilapisi dengan cairan ini akan lebih mudah untuk dibersihkan dan dirawat. Lapisan pelindung membuat permukaan logam lebih tahan terhadap kotoran dan endapan yang sulit dibersihkan.

4. Penghematan Biaya. Investasi dalam cairan anti karat jauh lebih ekonomis dibandingkan biaya penggantian peralatan yang rusak oleh karat. Dengan perlindungan yang tepat, Anda dapat menghindari biaya tinggi untuk perbaikan dan penggantian peralatan yang sering.

Greencorr AR-Series

Greenchem menawarkan solusi cairan anti karat yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan industri Anda. Greencorr AR-Series adalah cairan anti karat yang diformulasikan secara khusus efektif untuk mencegah karat dan korosi permukaan logam untuk waktu yang lama. Antirust mampu memberikan perlindungan di bawah kondisi luar ruangan dan cocok digunakan untuk melindungi mesin dari terbentuknya karat setelah kontak dengan uap, air, larutan garam atau larutan basa.

Cairan ini memiliki lifetime antara 1 hingga 3 bulan, serta sifat penetrasi yang baik. Selain itu, Greencorr AR-Series tidak merusak plastik, cat, dan tidak mengandung silikon, sehingga aman digunakan pada berbagai permukaan. Produk ini juga ekonomis dan mudah digunakan, menjadikannya solusi praktis untuk perlindungan anti karat. Yang terpenting, Greencorr AR-Series ramah lingkungan, sehingga mendukung upaya pelestarian lingkungan dalam penggunaannya.

Jika anda tertarik untuk informasi mengenai produk Greencorr AR-Series, PT Green Chemicals Indonesia siap membantu memberikan layanan dan solusi terbaik dalam memecahkan masalah dengan menyediakan produk berkualitas tinggi. Hubungi kami melalui Whatsapp atau email ke marketing@greenchem.co.id.


Read More
Highlights 12 July 2024

4 Alasan Pentingnya Pelumas Berkualitas Tinggi Untuk Kendaraan Tambang

Pentingnya pelumas berkualitas tinggi untuk kendaraan tambang tidak dapat diabaikan. Industri pertambangan merupakan salah satu sektor yang paling menantang bagi kendaraan. Medan yang berat, beban muatan yang besar, dan kondisi cuaca yang ekstrem dapat menyebabkan keausan yang cepat dan kerusakan pada ban.  Kendaraan tambang beroperasi dalam kondisi ekstrem dan menghadapi tantangan yang unik. Salah satu kunci untuk menjaga performa dan umur panjang kendaraan tambang adalah penggunaan pelumas berkualitas tinggi, terutama pelumas yang digunakan untuk memudahkan pemasangan ban. Berikut adalah empat alasan penting mengapa pelumas berkualitas tinggi sangat diperlukan untuk kendaraan tambang:

1.      Mengurangi Gesekan dan Kerusakan pada Ban

Kendaraan tambang harus bekerja dalam kondisi keras dan memerlukan perlindungan maksimal untuk komponen-komponennya, termasuk ban. Pelumas berkualitas tinggi memainkan peran penting dalam mengurangi gesekan antara ban dan pelek saat pemasangan. Dengan mengurangi gesekan, pelumas ini membantu mencegah kerusakan pada dinding ban dan pelek, serta mempermudah proses pemasangan. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa ban dapat dipasang dengan aman dan efisien, mengurangi risiko kerusakan yang dapat menyebabkan downtime dan biaya tambahan.

2.      Melindungi dari Korosi dan Karat

Lingkungan pertambangan sering kali memiliki tingkat kelembapan tinggi dan paparan bahan kimia yang berlebihan, yang dapat menyebabkan korosi dan karat pada komponen kendaraan. Pelumas berkualitas tinggi mengandung aditif khusus yang membantu melindungi pelek dan bagian lain dari ban dari korosi dan karat selama proses pemasangan. Perlindungan ini sangat penting untuk memastikan komponen tetap dalam kondisi prima dan menghindari kerusakan akibat korosi. Penggunaan pelumas yang tepat dapat memperpanjang umur pelek dan mengurangi risiko kegagalan ban yang disebabkan oleh korosi.

3.      Mengontrol Suhu dan Mengurangi Overheating

Kendaraan tambang sering kali beroperasi dalam suhu ekstrem, baik panas maupun dingin. Pelumas berkualitas tinggi membantu mengontrol suhu selama proses pemasangan ban, mencegah overheating yang dapat menyebabkan kerusakan pada ban dan pelek. Dengan menjaga suhu tetap stabil, pelumas ini memastikan bahwa ban dapat dipasang dengan aman tanpa risiko overheating yang dapat merusak komponen. Hal ini penting untuk menjaga kinerja ban yang optimal dan menghindari downtime yang tidak perlu akibat kerusakan.

4.      Mempermudah Pemasangan dan Penyesuaian Ban

Pelumas berkualitas tinggi yang dirancang khusus untuk pemasangan ban dapat membantu mempermudah proses pemasangan dan penyesuaian ban pada pelek. Dengan menggunakan pelumas ini, teknisi dapat memasang ban dengan lebih cepat dan efisien, mengurangi waktu yang diperlukan untuk pemasangan dan penyesuaian. Hal ini sangat penting dalam operasi tambang, di mana waktu adalah faktor kritis. Pelumas yang tepat memastikan bahwa ban dapat dipasang dengan benar, menghindari masalah yang mungkin timbul akibat pemasangan yang tidak sempurna.

Pelumas kendaraan tambang berkualitas tinggi memainkan peran penting dalam memudahkan pemasangan ban pada kendaraan tambang. Dengan mengurangi gesekan dan kerusakan pada ban, melindungi dari korosi dan karat, mengontrol suhu, serta mempermudah proses pemasangan dan penyesuaian, pelumas berkualitas tinggi membantu memastikan kendaraan tambang dapat beroperasi secara efisien dan aman. Oleh karena itu, memilih pelumas yang tepat adalah investasi yang bijak untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya operasional dalam jangka panjang.

Greenlube TM-Series merupakan pelumas kendaraan tambang berkualitas tinggi yang diformulasikan oleh greenchem. Greenlube TM-Series adalah pasta dengan formula khusus yang dirancang sebagai pelumas untuk memudahkan pemasangan dan pelepasan ban alat berat baik secara manual maupu otomatis. Jika anda tertarik untuk informasi mengenai produk Greenlube TM-SeriesPT Green Chemicals Indonesia siap membantu memberikan layanan dan solusi terbaik dalam memecahkan masalah dengan menyediakan produk berkualitas tinggi hubungi kami melalui Whatsapp atau email ke marketing@greenchem.co.id.


Read More