Manfaat Batu Bara

Indonesia merupakan salah satu produsen dan eksportir batu bara terbesar di dunia sejak tahun 2005 hal ini disebabkan karena Indonesia memiliki cadangan batu bara yang berkualitas serta melimpah.

Pengertian Batu Bara

Batu bara adalah batuan sedimen yang dapat terbakar dan terbentuk karena hasil endapan organik (tumbuhan) yang sudah mati dan tersedimentasi. Manfaat Batu bara sangat penting bagi kehidupan dan kegiatan sehari-hari.

Manfaat Batu Bara

Manfaat batu bara diantaranya adalah :

  • Batu bara dimanfaatkan sebagai sumber energi untuk pembangkit listrik
  • Batu bara dijadikan bahan bakar berbentuk cair yang bisa menggantikan bahan bakar minyak
  • Batu bara menjadi salah satu energi untuk penghasil produk gas
  • Batu bara digunakan sebagai bahan bakar untuk berbagai industri diantaranya adalah industri semen, baja, alumunium, hingga industri kimia
  • Saat diolah batu bara juga menghasilkan beberapa bahan diantaranya adalah Metanol, Naftalen, Fenol dan Benzena

Kualitas Batu Bara

Bagaimana teknik atau cara pengukuran untuk mengetahui seberapa baik kualitas batu bara? Berikut ini adalah cara pengukuran Kualitas Batu Bara yang dilakukan untuk mengetahui seberapa baik spesifikasi Batu Bara tersebut :

  • Coal Size
  • Nilai Kalori
  • Nilai Moisture
  • Kadar Sulfur
  • Fly Ash
  • Kadar Karbon
  • Kandungan Abu

Bahaya Batu Bara

Di balik manfaat batu bara yang berlimpah ternyata ada bahaya yang menghantui. Bahaya tersebut adalah :

Self-Combustion

Self-Combustion adalah fenomena batu bara terbakar dengan sendirinya  pada saat batu bara disimpan di area stockpile, Self-Combustion terjadi karena reaksi oksidasi yang terjadi dengan sendirinya dalam batu bara. Fenomena Self-Combustion sangat merugikan karena dapat menurunkan kualitas batu bara dan debu yang dihasilkan dari fenomena Self-Combustion dapat merusak kualitas udara.

Pneumoconiosis

Debu yang dihasilkan pada saat proses pengolahan batu bara di area stockpile termasuk kedalam debu fibrogenic atau jenis debu yang sangat beracun dan jika masuk kedalam paru-paru dapat merusak serta mempengaruhi fungsi paru-paru. Dampak yang akan dirasakan pekerja tambang jika menghirup debu batu bara dalam jangka waktu yang lama dan secara berlebihan adalah dapat menyebabkan pneumoconiosis (paru-paru hitam).

Pencegahan Debu Batu Bara    

Penggunaan APD

Pencegahan yang bisa dilakukan untuk menghindari debu batu bara, yaitu dengan cara menghindari serta menjauhi paparan langsung debu batu bara dan menggunakan masker khusus untuk menghindari resiko terhirupnya debu bata bara.

Coal Dust Suppressant

Menyemprotkan Coal Dust Suppressant di area stockpile Juga dapat menjadi solusi untuk debu batu bara. Coal Dust Suppressant merupakan produk campuran polimer dengan formulasi khusus untuk menangani permasalahan debu batu bara baik di industri dan tambang batu bara. Coal Dust Suppressant dikembangkan untuk menjaga lingkungan sekitar agar tidak terpapar dampak negative dan resiko yang dapat ditimbulkan oleh debu batu bara. Coal Dust Suppressant juga dapat menurunkan resiko Self-Combustion (batu bara terbakar dengan sendirinya) di stockpile pada suhu ekstrim, dengan membentuk lapisan tipis sehingga mengurangi kontak batu bara dengan oksigen dan berfungsi untuk menjaga moisture dan kalori batu bara.

Jika anda tertarik untuk informasi lebih lanjut mengenai Coal Dust Suppressant atau Penanganan Batu Bara, PT Green Chemicals Indonesia siap membantu memberikan layanan dan solusi terbaik dalam memecahkan masalah dengan menyediakan produk berkualitas tinggi, hubungi kami melalui Whatsapp atau email ke sales.support@greenchem.co.id.

Open chat
Contact Us