Hati-Hati Saat Maintenance Rim & Tire

Alat berat adalah peralatan mesin berukuran besar yang didesain untuk melakukan fungsi konstruksi seperti pengerjaan tanah, konstruksi jalan, bangunan, perkebunan, dan pertambangan. Keberadaan alat berat tidak bisa dipisahkan dari aktivitas pertambangan. Alat berat memiliki peran penting untuk mendukung aktivitas pertambangan agar dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien, sehingga diperlukan maintenance secara berkala. Salah satu part yang harus selalu di maintenance adalah rim dan tire. Saat maintenance Rim & Tire Harus selalu Hati-Hati dan waspada untuk menghindari resiko-resiko yang tidak diinginkan, Simak artikel berikut ini untuk informasi mengenai Maintenance Rim & Tire.

Fungsi Kendaraan Alat Berat

Alat berat dirancang untuk melakukan berbagai kegiatan guna untuk mempermudah melakukan pekerjaan manusia, selain itu alat berat juga berfungsi untuk menghemat biaya pengeluaran perusahaan dan juga mempercepat operator dalam melakukan pekerjaan. Berdasarkan fungsinya, alat berat dapat dibedakan menjadi :

  1. Bulldozer, digunakan untuk membuat lahan yang akan dibuka dan masih dipenuhi pohon dan semak belukar.
  2. Dump truck, mengangkut material dari area tambang ke tempat penyimpanan
  3. Wheel loader, memuat barang seperti batu bara untuk diletakkan ke conveyor untuk membuat tanah penutup yang sudah ditimbun ke dalam dump truck untuk proses penutupan lubang.
  4. Excavator, menggali lubang secara vertikal, khususnya pada daerah yang basah
  5. Scraper, mengupas lapisan tanah pucuk karena tanah tidak bisa dikeruk begitu saja

Pentingnya Rim and Tire Pada Suatu Kendaraan Alat Berat

Rim & Tire merupakan salah satu komponen kendaraan atau alat berat yang sangat penting karena berfungsi sebagai penopang beban dan membuat kendaraan dapat berjalan dengan lancar. Rim dan Tire harus selalu dilakukan maintenance secara berkala agar dapat terus bekerja secara optimal dan tidak menimbulkan kerusakan seperti friksi hingga adanya karat pada rim kendaraan dan menghindari Tire pecah karena suhu di dalam ban yang terlalu panas.

Hati Hati Saat Maintenance Rim & Tire

Kegiatan maintenance rim dan tire pada kendaraan alat berat yang dipakai di bidang pertambangan bisa berpeluang menyebabkan kecelakaan yang apa bila tidak berhati-hati dapat berdampak cidera ringan bahkan bisa sampai kematian. Untuk meminimalisir adanya potensi bahaya tersebut ketahuilah risikonya terlebih dahulu.

Sebagian besar kecelakaan saat maintenance disebabkan oleh kesalahan manusia atau human error. Meski begitu, banyak juga kecelakaan yang disebabkan oleh kerusakan pada alat itu sendiri yang tidak berfungsi dengan benar atau karena faktor lingkungan atau medan tempat alat berat bekerja. Berikut merupakan resiko serta pencegahan untuk meminimalisir resiko kecelakaan saat kegiatan maintenance rim dan tire :

  • Compressed air

Bagian yang sangat berisiko terhadap bahaya penggunaan udara bertekanan ialah bagian mata, sebab mata sangat rentan terhadap kecepatan angin yang bertekanan ataupun rentan terhadap material yang terlembar karena tekanan udara tersebut semisal debu, serpihan besi kecil, oli, dan yang lainnya. Pencegahan yang dapat dilakukan yaitu dengan pengecekan pada alat compressed air tersebut sebelum digunakan. Pemeriksaan lebih baik dikerjakan oleh seseorang yang benar-benar kompeten di dalam pemeriksaan tekanan ban serta menggunakan safety APD.

  • Manual handling

Ban yang digunakan oleh truk besar yang berkapasitas lebih dari 100 ton, oleh karena itu pada saat kegiatan manual handling pastikan jangan melakukan pengerjaan bongkar pasang ban seorang diri karena akan sulit dan berbahaya. Gunakan alat mekanis khusus guna melakukan serta memudahkan pengangkatan serta pemindahan ban.

  • Exploding tire

Ledakan ban terhadap unit besar ini menjadi suatu kondisi yang amat menakutkan, sejumlah kasus ledakan dibarengi dengan lengingan velg ban. Salah satu penyebab ledakan adalah suhu didalam ban yang panas serta pemasangan baut dan ring yang tidak sesuai standar.

Usahakan gunakan baut serta ring yang asli (original). Karena jika menggunakan baut serta ring yang tidak original dapat meningkatkan resiko ledakan. Serta gunakan Rim & Tire Conditioner untuk meminimalisir kenaikan suhu dan memberikan perlindungan anti karat.

  • Noise

Para pekerja bisa terpapar kebisingan ketika melakukan perbaikan pada ban, kebisingan kerap diakibatkan karena pemakaian impact ataupun wrenches yang dipakai guna membuka serta mengencangkan baut. Gunakanlah alat pelindung untuk telinga (Ear protection) yang bertujuan untuk mengurangi kebisingan yang masuk ke dalam sistem pendengaran.

Bahayabahaya tersebut tentunya sangat mengancam keselamatan setiap pekerja, akan tetapi bahaya di dalam pekerjaan perbaikan ban dan perbaikan yang lain tentunya bisa diminimalisir dengan mengikuti prosedur penggantian ban yang benar, serta melakukan pengecekan kelayakan peralatan dan perlengkapan yang dipakai.

Untuk memudahkan pemasangan ban / Tire anda bisa menggunakan Produk Greenlube TM-Series dari PT Green Chemicls Indonesia. Greenlube TM-Series adalah pasta dengan formula khusus yang dirancang sebagai pelumas untuk memudahkan pemasangan dan pelepasan ban alat berat baik secara manual maupun otomatis.

Sedangkan untuk menjaga suhu ban pada saat beroperasi, Greenrim-Series adalah solusinya. Produk ini merupakan cairan ramah lingkungan free glycol yang diformulasikan khusus sebagai rim and tyre conditioner. Greenrim-Series dapat memberikan perlindungan karat dan pendinginan maksimal pada badan rim saat beroperasi. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Greenrim-Series atau produk Greenlube TM-Series hubungi kami melalui  Whatsapp atau email ke sales.support@greenchem.co.id.

Open chat
Contact Us