Cara Menghilangkan Kerak Karbonat Dalam Pipa

Pengerakan pada sistem perpipaan merupakan masalah yang kompleks dan selalu terjadi di dalam suatu industri. Kerak sendiri terjadi karena adanya reaksi kimia antara kandungan-kandungan ion pembentuk kerak yang terlarut dalam air. Pembentukan kerak dalam pipa ini akan menyebabkan penyumbatan dan mengakibatkan berkurangnya volume aliran pada pipa sehingga akan menambah biaya perawatan dan produksi. Bagaimana cara menghilangkan kerak karbonat dalam pipa? Simak informasinya pada artikel ini. 

Pengertian Kerak Kalsium Karbonat dan Dampaknya

Kerak didefinisikan sebagai suatu deposit dari senyawa-senyawa anorganik yang terendapkan dan membentuk timbunan kristal pada permukaan suatu substrat. Kerak biasanya mengerak dan tumbuh pada peralatan industri, seperti pada sistem perpipaan yaitu kalsium karbonat, kalsium sulfat, dan magnesium karbonat yang menyebabkan peyumbatan di dalam pipa sehingga memperbesar biaya operasional.

Kerak Kalsium karbonat merupakan kerak yang paling umum terjadi pada dinding-dinding pipa industri yang melibatkan aliran fluida. Kerak kalsum karbonat juga dikenal sebagai hasil dari pengendapan kapur, yang dapat dibuat dengan cara mengendapkan larutan kalsium klorida atau kalsium nitrat dengan larutan natirum karbonat atau natrium bikarbonat. Adanya pembentukan kerak ini menimbulkan banyak kerugian, antara lain menyebabkan gangguan laju air dan transfer panas, korosi pada pipa aliran fluida, hingga tekanan pada pipa yang menjadi semakin tinggi sehingga kemungkinan pipa akan pecah dan rusak.

Proses pembentukan kerak karbonat

Kerak kalsium karbonat di dalam pipa industri dianggap sebagai penghambat bagi proses industri itu sendiri. Pembentukan kerak pada dasarnya merupakan fenomena pengkristalan yang dipengaruhi oleh berbagai parameter seperti kadar air, kondisi larutan lewat jenuh, laju alir, temperatur, lama pengaliran, tipe dan jenis pengotor, jumlah mineral, pH, dan faktor lainnya. Kerak karbonat merupakan salah satu kerak yang tumbuh di dalam pipa industri sebagai akibat adanya mineral ikutan (impuritas) di dalam air industri, dimana hal ini didukung oleh komposisi kalsium pada air yang relatif lebih tinggi dari komponen lainnya.

Pada sisi lain temperatur merupakan aspek yang ikut memicu pertumbuhan kerak kalsium karbonat, selain aspek laju alir dan konsentrasi larutan. Semakin tinggi suhu, maka kerak yang terbentuk akan semakin banyak. Hal ini disebabkan semakin tinggi suhu membuat nilai tetapan laju reaksi meningkat. Semakin besar temperatur maka semakin banyak kerak yang tebentuk.

Dampak kerak karbonat

Kerak yang terjadi pada dinding pipa atau pada bejana akan berakibat menimbulkan berbagai kerugian pada sistem industri. Penambahan ketebalan dinding pipa akibat keberadaan massa kerak yang menempel akan menghambat proses perpindahan panas secara konduksi sebab terhalang oleh lapisan kerak dan akan terjadi penurunan efisiensi perpindahan panas dan selanjutnya menyebabkan terjadinya pemborosan energi. Kerak dalam ukuran tertentu menyebabkan penampang pipa dimana air dialirkan menjadi lebih kecil sehingga menyebabkan penurunan debit air yang mengalir di dalam pipa dan berakibat memperpanjang waktu proses sehingga menyebabkan biaya produksi meningkat.

Solusi menghilangkan kerak karbonat dalam pipa

Mengingat kerak di dalam industri dapat menimbulkan kerugian-kerugian yang sedemikian besar maka pertumbuhan kerak haruslah dicegah dan dihambat agar jangan sampai terjadi. Usaha untuk menekan pertumbuhan kerak bisa dilakukan dengan pengolahan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan kerak serta dengan penambaan aditif. Namun jika kerak karbonat sudah terbentuk di dalam pipa, salah satu solusi menghilangkan kerak karbonatnya adalah dengan cara mengaplikasikan Scale Remover Compound pada pipa.

PT Green Chemicals Indonesia mempunyai produk Scale Remover Compound yang dapat membantu menghilangkan kerak karbonat dalam pipa. Produk tersebut adalah Greenscale SR-Series yang merupakan cleaner dengan formula khusus yang efektif untuk menghilangkan deposit kerak karbonat, kapur, maupun semen/konkret. Produk ini mengandung anti karat untuk melingungi permukaan logam yang dibersihkan.

Jika anda tertarik untuk informasi lebih lanjut mengenai produk Scale Remover Compound atau produk Specialty Chemicals Lainnya. PT Green Chemicals Indonesia siap membantu memberikan layanan dan solusi terbaik dalam memecahkan masalah dengan menyediakan produk berkualitas tinggi, hubungi kami melalui Whatsapp atau email ke sales.support@greenchem.co.id.

Open chat
Contact Us